Untuk proses konsinyasi proses yang terlibat adalah sebagai berikut:
- Membuat kode supplier baru untuk pembelian dan penjualan konsinyasi
- Membuat kode barang baru untuk jenis konsinyasi
- Menerima barang konsinyasi atau titipan barang supplier
- Melakukan retur barang konsinyasi apabila rusak atau sudah kadaluarsa
- Melakukan penjualan barang konsinyasi
- Mencetak dan mengirimkan laporan penjualan persupplier diakhir bulan
- Menerima tagihan dari supplier
- Membuatkan faktur pembelian diakhir bulan berdasarkan data penjualan supplier, beserta mencatat discount sebagai margin keuntungan bagi toko kita
- Membayar hutang pada suppplier untuk faktur pembelian tersebut.
- Melihat kartu stock
Membuat kode supplier baru
Agar memudahkan kita memonitor data pembelian dan penjualan barang konsinyasi sebaiknya kita buatkan terlebih dahulu kode supplier baru untuk proses konsinyasi, sehingga tidak bercampur antara barang konsinyasi dan non konsinyasi.
- Dari menu pembelian klik supplier kemudian klik tombol tambah
- Kemudian isi kode supplier dan nama supplier
- kemudian pilih kelompok supplier konsinyasi
- yang lainya silahkan isi seperti alamat, kontak person dan lain sebagainya
- setelah selesai klik tombol simpan
Membuat kode barang konsinyasi
Agar memudahkan kita memantau aktifitas keluar masuk barang-barang konsinyasi sebaiknya kita buatkan kode barang baru untuk barang-barang konsinyasi.
- Dari menu inventory klik menu barang/jasa kemudian klik tombol tambah
- Isi kode barang dan nama barang
- Pilih kelas Konsinyasi
- Pilih kelompok dan sub kelompok barang
- pilih nama supplier utama untuk barang ini
- kemudian isi harga jual untuk konsumen
- isi harga beli sesuai dengan profit margin yang sudah disepakati dengan supplier, misalnya 10% dari harga jual
- setelah itu pilih satuan
- kemudian isi informasi lainnya dan klik tombol simpan
Menerima barang konsinyasi
Ketika barang kita terima berdasarkan surat jalan dari supplier perlu kita catat penerimaan barang konsinyasi lewat menu terima lainnya yang berakibat akan menambah quantity stock barang konsinyasi di toko kita.
- Dari menu inventory klik menu terima lainnya lalu klik tombol tambah
- kemudian pilih gudang atau toko penerima
- selanjutnya pilih jenis transaksi Konsinyasi
- kemudian pilih pengirim atau nama supplier yang mengirimnya
- catat nomor referensi surat jalan supplier
- isi catatan bila perlu
- kemudian klik tombol simpan
- setelah disimpan maka quantity barang tersebut akan bertambah bisa dilihat di kartu stock
Membuat retur barang konsinyasi
Adakalanya barang yang sudah kita terima rusak atau sudah kadaluarsa tentunya kita harus mengembalikan barang tersebut ke supplier untuk kemudian diganti dengan barang baru untuk kita jual di toko kita.
- Dari menu inventory klik menu keluar lainnya kemudian klik tombol tambah
- kemudian pilih gudang yang akan berkurang
- selanjutnya pilih jenis transaksi Retur Konsinyasi
- kemudian pilih nama supplier
- isi catatan bila diperlukan
- kemudian pada bagian detail barang
- pilih nama barang beserta quantity barang ditiap barisnya untuk barang yang dikembalikan ke supplier
- setelah selesai input barang selanjutnya klik tombol simpan
- maka secara otomatis barang akan berkurang digudang kita
Melakukan penjualan barang konsinyasi
Seperti biasanya buatkan transaksi penjualan di kasir dan memilih barang yang dijual beserta harga atau promosi yang sudah kita seting dalam pembuatan kode promosi (lihat cara membuat promosi)
- Apabila dilakukan di simak maka klik menu penjualan -> faktur penjualan kontan
- Atau apabila dilakukan dengan kredit klik menu penjualan -> sales order kemudian buat surat jalan dan membuat faktur penjualan kredit
- Apabila dilakukan di kasir mypos tinggal scan saja dan lakukan pembayara
Mengirimkan laporan penjualan persupplier
Sebagai sarana komunikasi kepada supplier dan sebagai croscek penjualan atas barang supplier kita perlu mencetak penjualan barang-barang konsinyasi.
- Untuk mencetak lapran penjualan konsinyasi klik menu penjualan -> laporan
- kemudian pilih laporan penjualan per supplier
- lalu isi tanggal awal dan tanggal akhir penjualan
- dan print kemudian dilaporkan atau di fax ke supplier
Menerima tagihan faktur hutang atas penjualan barang supplier
Setelah kita mengirimkan catatan penjualan kesupplier yang kemudian supplier akan mencocokan berdasarkan penjualan di toko kita yang dicatat oleh SPG supplier tersebut, selanjutnya supplier akan mengirimkan tagihan atau faktur hutang pembelian ke toko kita, maka silahkan ikuti langkah selanjutnya membuat faktur pembelian.
Membuatkan faktur pembelian
Pembuatan faktur pembelian diperlukan untuk mencatat hutang kepada supplier atas barang-barang konsinyasi yang sudah terjadi di toko kita, periode pembuatan faktur pembelian biasanya dilakukan di akhir bulan.
Proses pembuatan faktur pembelian yaitu dengan cara menarik data penjualan bulan tersebut
- klik menu pembelian -> faktur kredit kemudian klik tombol tambah
- selanjutnya pilih nama supplier
- kemudian klik tombol options disebelah kanan dan pilih menu buat faktur pembelian dari penjualan supplier
- selanjutnya isi tanggal awal dan tanggal akhir periode penjualan misal dari tanggal 1 sampai 31
- kemudian klik tombol OK
- maka secara otomatis data penjualan barang konsinyasi akan ditari kedalam faktur pembelian yang sedang kita buat
- silahkan cek data penjualannya
- silahkan periksa quantity yang terjual
- silahkan cek ulang
- setelah cukup diperiksa kemudian simpan
- setelah tersimpan maka hutang kita akan bertambah ke supplier tersebut
- selanjutnya lakukan proses pembayaran hutang seperti biasanya atas nomor faktur tersebut.
Melihat kartu stock
Sebagai monitoring terhadap keluar masuk barang konsinyasi bisa anda lihat di laporan kartu stock
- klik menu inventory -> AddIns -> Print Kartu Stock
- kemudian isi tanggal awal dan akhir
- kemudian pilih supplier
- kemudian klik tombol print sum quantity with saldo (contoh)
tampilan output kartu stock
Tidak ada komentar:
Posting Komentar