Jumat, 19 April 2019

Proses bulanan aktiva tetap



Tujuan proses bulanan aktiva tetap adalah untuk membuat data perhitungan aktiva tetap yang sudah anda buat yang meliputi perhitungan penyusutan dan akumulasi aktiva tetap setiap bulannya sesuai dengan metode garis lurus atau metode lain yang anda definisikan pada kode aktiva tetap tersebut.
Proses ini dilakukan tiap akhir bulan periode akuntansi dan apabila masih ada koreksi atau penambahan aktiva baru setelah proses bisa anda lakukan hapus periode aktiva tetap tersebut kemudian membuat ulang periode tersebut.

Pada kotak proses bulanan yang anda klik melalui menu Aktiva Tetap -> Proses Bulanan tampak layar formulir periode-periode aktiva tetap yang sudah dibuat, berikut ini adalah tombol-tombol yang ada di proses bulanan aktiva tetap.

Tambah untuk membuat proses data perhitungan aktiva tetap, setelah anda klik silahkan isi periodenya dengan format tahunbulan (misal: 201901 artinya periode tahun 2019 dan bulan January, setelah itu tekan proses dan tunggu untuk mengadakan perhitungan aktiva penyusutan dan nilai buku, bila berhasil akan tampil di kotak daftar yang ada disebelah kiri.

Lihat klik tombol ini untuk melihat hasil perhitungan pada baris periode yang di pilih yang sudah tersimpan.

Hapus untuk menghapus data periode aktiva tetap pada baris yang dipilih biasa ketika ada perhitungan atau data yg belum diinput anda harus diinput dulu.

Jurnal  klik tombol ini apabila periode bulan ini akan dibuatkan jurnal aktiva tetap agar nantinya bisa masuk atau melihat di laporan rugi laba dan neraca.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar